Kenapa sih, lebih memilih plastik?

Sekarang sudah zaman modern, instan, gak pake lama, simple, gampang, dan banyak lagi istilah-istilah zaman sekarang ini.

Itulah kenapa sebab plastik tersebar luas di zaman ini, karena manusia sudah tidak suka melakukan hal yang ribet/sulit. Banyak contoh manusia tidak suka melakukan hal yang sia-sia, walaupun dari hal yang sepele saja.

Contoh pertama, kita pulang kerja mampir ke warung atau ke pkl membeli 10 gorengan/jajanan, lalu kita mau membawanya pulang. Apakah kita meminjam piring untuk membawanya terus nanti kita kembalikan?

penggunaan plastik
sumber: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuyELy2HTdBhoZVOsuwtJBOSwlPGtqHpKZ7j_3fiWeOCCFV2_ptZu_mIBT97vaQEqflY-uZi_ZShh1zigxWN-ZlCyuHg71kGi_m_rZQE2Ba4igt6iqpk2JpOF6ITc1o-N9sCP3tIHrVUDY/s1600/IMG_20140721_173448.jpg

Tidak, karena itu sangat ribet dan waktu kita terbuang cuma-cuma. Bolehlah kalau warung atau pkl tadi ada di depan atau di sekitar rumah. Tapi kalau jauh? 

Itulah mengapa diciptakan yang namanya "kantong ajaib" atau yang lebih dikenal kantong plastik, bungkus plastik atau kresek.

Tidak hanya itu sebab kita lebih memilih plastik, karena memang plastik berguna dalam berbagai hal dan kondisi.

Contoh kedua, misal kita orang kantor, jika istirahat membeli nasi bungkus di warung untuk kita makan di kantor. Apakah nasi bungkus tadi kita diberi sendok stainless? Tentu tidak, pasti kita diberi yang namanya "sendok plastik atau sendok bebek".

Selain harganya yang murah, sendok plastik atau sendok bebek itu tidak perlu kita kembalikan, karena setelah kita selesai makan, kita bisa membuang bungkus dan sendok tadi ke tempat sampah.

Tapi tunggu dulu, kenapa kita tidak berpikir kritis. Oh iya, dikarenakan ini zaman modern, zaman instan, zaman yang gak mau ribet, dan zaman yang gak pake lama. 

Kita bahas lagi tentang nasi bungkus tadi, setelah makan tinggal kita buang saja bungkus dan sendok plastik ke tempat sampah. Tapi tidak jika dapat memanfaatkannya kembali.

Apa yang dapat kita manfaatkan? Bungkus nasi? Sudah kotor, terkena minyak, bahkan robek. Tapi apakah sendok plastik dapat kita manfaatkan? Iya, kita kumpulkan dulu sendok-sendok plastik bekas makan tadi, lalu kita cuci hingga bersih.

Untuk apa? Untuk kita buat makan lagi? Tidak, kita dapat membuat kreativitas dan kerajian. Tapi semua itu tak akan terlaksana jika diri kita sendiri tak punya niat dan kemauan, urusan kreativitas masalah belakangan, yang penting kan niat dan kemauan kita dulu.

Saya ambil contoh sebuah gambar, coba perhatikan. Terbuat dari apa benda yang ada di gambar tersebut.

kerajinan sendok plastik
sumber: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/99/c9/2c/99c92c9fe24247036d0a20db3069a5fa.jpg

Terlihat tidak asing bukan? Jika kita perhatikan, itu adalah sendok-sendok plastik bekas yang telah di olah menjadi kerajinan.

Nah, apakah tidak bermanfaat? Tentu bermanfaat, kita dapat menjadikan kerajinan tadi untuk hiasan rumag, sebagai souvenir, bahkan kita dapat mengasilkan keuntungan dengan kerajinan tersebut.

Memang, lebih banyak plastik yang tak dapat kita daur ulang atau kita pergunakan lagi. Setidaknya kita telah memaksimalkan penggunaan benda-benda plastik.

Contoh lagi, ketika kita berpergian jauh, dan kita lupa tidak membawa air putih. Apakah kita akan kembali dan minum di rumah? Tentu itu hal yang sangat konyol. Sekarang kan sudah zaman modern, jika kita hanya memerlukan air putih, mengapa kita tidak mencari toko atau warung terdekat?

Selain harganya murah, air putih kemasan sangat banyak tersebar luas, apa lagi jika kita tinggal di perkotaan. Ada yang dikemas dengan botol dan ada yang dikemas dengan gelas. Tak hanya air putih sebenarnya, minuman-minuman lain juga dikemas dengan botol plastik, bahkan jajanan pun dikemas dengan bungkus plastik jika kita membeli di swalayan atau toko.

Tak heran mengapa plastik sangat banyak di pergunakan, karena mendapat berbagai alasan dan kegunaan yang beragam. Bukan berarti plastik menggantikan segalanya, plastik hanya membantu apa yang tak dapat dilakukan oleh benda-benda yang lain. Saya pertegas, plastik tidak diunggul-unggulkan dari bahan dan benda-benda yang lain, melainkan hanya sebagai pembantu dan pelengkap yang tak dapat dilakukan benda-benda lain.

Alasan lebih menggunakan plastik

Ada berbagai alasan mengapa kita menggunakan plastik, yaitu:
  1. Lebih mudah di dapat.
  2. Lebih murah
  3. Simple dan praktis
  4. Lebih awet
  5. Tahan kelembaban
Sebenarnya, masih banyak lagi kegunaan plastik. Walaupun disini kita membahas singkat setidaknya kita dapat memanfaatkan plastik lebih efektif dan maksimal, sehingga pembuangan plastik dapat berkurang.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat dan tunggu artikel-artikel selanjutnya atau coba cek artikel-artikel dari blog ini.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
5 April 2017 pukul 16.00 delete

Sangat bermanfaat bagi nusa dan bangsa dan juga kelangsungan ekosistem. agar anak cucu kita kelak akan mendapatkan tempat yang layak =D

Reply
avatar